Keagungan Ayat Kursi - Biyan Stevig

Berusaha Maju

Hot

Post Top Ad

Saturday, October 28, 2017

Keagungan Ayat Kursi

"Allah... tidak ada Tuhan  melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya),tidak mengantuk dan tidak tidur... Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi... Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya.. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan  dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya... Kursi Allah meliputi langit dan bumi... Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar(Qs AlBaqarah 225)

Ayat kursi memiliki kedudukan yang sangat agung...dan memiliki keutamaan



1. Ayat Paling Agung dalam Al-Quran

Rasulullah bertanya kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.”.. Maka beliau menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim)

Ayat Kursi dikategorikan sebagai ayat paling agung karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum.

2. Keagungannya Melebihi Langit dan Bumi
Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi” (HR. At-Tirmidzi)

3. Salah Satu Bacaan Dzikir Sebelum Tidur
 "Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari)

4. Salah Satu Sebab Masuk Surga

"Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i)

Ayat Kursi sendiri bukanlah ayat yang panjang dan sulit untuk dihapal.Dan merupakan ayat yang paling ditakuti setan.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad